10 Tanda yang Harus Segera Diperiksakan ke Dokter Jika Kamu Sering Mengalaminya

Kesehatan

Sistem kekebalan tubuh yang diciptakan pada tubuh sangat berperan penting sebagai garda terdepan jika ada virus atau bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh. Namun pola hidup yang tidak teratur dan kurang baik bisa menyebabkan tubuh mudah diserang oleh bakteri atau virus yang datang.

Seperti yang sudah dilansir dari Brightside, pada Selasa tanggal 13/2/2018, ada beberapa kasus kematian seseorang yang disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh. Hal yang terpenting untuk diperhatikan adalah wanita. Menurut penelitian, wanita biasanya menagalami gangguan sistem kekebalan tubuh. Jika sudah begitu, maka sangat penting untuk mengenali tanda-tanda yang muncul pada tubuh.

Masih dilansir dari Brightside, ada 10 tanda yang menunjukkan bahwa ada gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

  • Sakit kepala dan gangguan kepala lain

Sakit kepala, kabut otak, dan gejala yang lain bisa berbahaya dan gejala ini dapat berhubungan dengan kurang tidur atau stres. Selain itu, tanda tersebut juga bisa menjadi tanda disfungsi dalam kekebalan tubuh, misalnya lupus atau anemia.

  • Jerawat, psoriasis, dermatitis, eksim, ruam kupu-kupu

Timbulnya jerawat atau ruam pada kulit tak selamanya hanya menjadi gangguan kulit yang biasa, tapi juga bisa jadi sebagai tanda jika kamu terkena anemia hemolitik, psoriasis, skleroderma, dan juga kelainan yang lain.

  • Asma alergi

Banyak yang menunjukkan bahwa asma merupakan bentuk dari gangguan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh manusia.

  • Kelelahan atau hiperaktif

Kelelahan merupakan menjadi gejala yang sangat umum terjadi pada manusia. Jika saat terbangun dari tidur kamu merasa lebih lelah dari sebelum kamu tidur, itu terjadi karena kamu tidak makan sebelum melakukan aktivitas.

  • Otot terasa sakit atau nyeri

Jika kamu merasa sakit atau lemah saat menaiki tangga, maka itu bisa jadi sebuah tanda yang bisa disebabkan oleh hepatitis autoimun, penyakit hashimoto, psoriasis, rheumatoid arthritis, dan juga penyakit yang lain.

  • Kram perut, kembung, diare, dan sembelit

Seringnya muncul masalah pada pencernaan yang sangat mengganggu bisa saja terjadi karena tanda adanya penyakit autoimun, seperti penyakit celiac, kolitis ulserativa, kelainan tiroid, dan penyakit yang lainnya.

  • Kelebihan berat badan atau kehilangan berat badan

Ada beberapa penyakit autoimun yang dapat mempengaruhi tiroid. Organ yang mengontrol banyak proses metabolisme dalam tubuh ini jika mulai menghasilkan hormon yang berlebihan atau sebaliknya, tidak cukup menghasilkan hormon, maka seseorang bisa kehilangan atau menambah berat badan.

  • Mati rasa dan kesemutan

Sering merasa mati rasa dan kesemutan dalam seminggu dan kamu juga melihat gejala yang lain, maka itu bisa saja menjadi pertanda adanya masalah yang lebih serius.

  • Rambut rontok

Adanya rambut rontok terjadi karena sistem kekebalan tubuh sudah mulai menyerang folikel rambut. Proses yang terjadi dimulai dengan adanya radang pada kulit kepalaa. Hal ini juga bisa mempengaruhi rambut yang ada pada bagian tubuh lainnya.

  1. Demam

Demam merupakan salah satu gejala yang paling sulit untuk diobati karena demam bisa saja terjadi karena adanya autoimun atau penyakit yang lainnya.

Nah, jika sudah mengetahui tanda-tanda di atas, maka kamu harus bisa mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Jika merasakan salah satu atau beberpa gejala di atas, jangan panik dan segera periksakan kepada dokter.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan
Urutan Golongan Darah dari yang Paling Mudah Jatuh Cinta sampai yang Sulit Jatuh Cinta

Jika berbicara tentang jatuh cinta, maka semua orang pasti pernah mengalaminya, baik yang berusia muda atau yang sudah dewasa. Jika kamu mengelak belum pernah merasakan jatuh cinta, maka yang terjadi sesungguhnya bukanlah tidak pernah merasakan jatuh cinta. Kamu hanya tidak menyadari tentang adanya rasa jatuh cinta. Jatuh cinta memang terasa …

Kesehatan
5 Bahan Sederhana yang Dapat Menyembuhkan Cegukan

Setiap orang pasti pernah mengalami cegukan. Cegukan bisa datang kapan saja dan dialami oleh siapa saja, baik itu tua atau muda. Untuk kamu yang belum tahu, cegukan dapat terjadi karena adanya kontraksi mendadak pada diafragma. Saat itu terjadi, udara dengan sangat cepat akan kamu hirup dan secara tiba-tiba terjadi penutupan …

Kesehatan
7 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan

Sering sekali kita tidak sadar kalau sudah melakukan hal kecil tapi nyatanya berakibat buruk pada kesehatan. Hal itu sering kali kita lakukan dan bahkan sudah menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan sehari-hari dan tidak bisa lepas darinya. Berikut 7 kebiasaan buruk yang sering kita lakukan: Pola hidup yang tidak teratur Ternyata …